Taman Nasional Baluran

Hello ..
Welcome back to my blog, semoga kalian semua nggak bosen ya baca ulasanku kali ini 😍

Oke, kali ini aku akan membawa kalian ke tempat paling ujung di bagian timur Pulau Jawa. Tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Siapa yang belum pernah ke banyuwangi ??? Di Banyuwangi banyak sekali tempat wisata alam yang nggak kalah bagus dan menarik loh. Mulai dari gunung dan pantainya patut kamu singgahi. Kali ini aku akan menceritakan perjalananku di Taman Nasional Baluran. Tempat ini terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi Jawa Timur. Jadi Taman Nasional Baluran membentang luas meliputi dua kabupaten ya guys. Yaitu kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.



Untuk akomodasi menuju tempat ini, bagi kamu yang berasal dari luar kota Bsnyuwangi, kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti kereta atau bus antar kota sampai menuju kota Banyuwangi. Jika kamu start dari kota Surabaya, kamu bisa menggunakan kereta dari Stasiun Gubeng menuju Stasiun Bayuwangi Baru. Untuk tiket bervariasi ya, kamu bisa cek harganya di Traveloka atau KAI Acess. Setelah sampai di stasiun Banyuwangi, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran dengan menggunakan bus Banyuwangi via Situbondo. Bus ini melintasi Taman Nasional Baluran, jadi kamu bisa turun tepat di depan Taman Nasional Baluran


Kawasan ini dibagi menjadi 4 zona wilayah, yaitu zona hutan hujan, zona evergreen, zona savana dan zona bama (pantai bama). Di Taman nasional Baluran ini, kamu bisa menjumpai berbagai macam satwa yang dilindungi seperti ayam hutan, macan tutul, burung merak, rusa dan kerbau. Jika beruntung, kamu bisa melihat salah satu satwa ini dari kejauhan saja. Untuk spot foto, ada batas-batas tertentu yang tidak boleh kalian lewati. Jadi para pengunjung hanya boleh mengakses tempat-tempat yang diijinkan saja ya. Untuk biaya masuk menuju tempat ini, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp. .../orang. Dari pintu masuk, kamu harus registrasi dulu ke loket pembelian tiket. Setelah itu, kamu bisa masuk ke dalam Taman Nasional Baluran ini. Kamu bisa mengelilingi semua area ini mulai dengan menggunakan mobil dan sepeda motor.


Di sepanjang perjalanan mengelilingi Taman Nasional Baluran ini, kamu akan dimanjakan dengan tumbuhan berwarna hijau yang rimbun dan adem banget pastinya. Spot pertama yang akan kamu lalui yaitu Hutan Hujan. Di hujan hujan ini kamu kamu akan melihat ayam hutan, sejenis burung yang beterbangan di pinggir jalan yang kamu lalui. Ayam hutan ini warnanya bagus dan menarik. Tapi satwa disini sangat peka dengan keramaian, begitu kita mendekat, mereka akan menjauh. Jadi, cukup dilihat dari kejauhan saja ya temann ..


Setelah melewati hutan hujan, kamu akan melewati zona Evergreen. Apa itu zona evergreen? zona ini adalah zona dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang tidak pernah mengering sekalipun di musim kemarau. Jadi selalu berwarna hijau, maka dari itu dinamakan evergreen. Disepanjang zona evergreen kamu akan menjumpai tumbuhan palm yang tumbuh di sepanjang jalan ini. JIka kamu beruntung kamu juga akan bertemu dengan macan tutul di sekitar zona ini.



Zona selanjutnya adalah Savana. Di zona ini kamu akan dimanjakan dengan hamparan savana yang membentang sangat luas. Ini merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi karena spot fotonya. Jadi savana ini keren banget dibuat foto-foto. Kamu bisa foto di savana ini dengan background hamparan padang rumput yang sangat luas dan view Gunung Baluran. Jadi di savana ini kamu akan melihat Gunung Baluran yang sangat indah. Namun, Gunung Baluran ini tidak bisa didaki kecuali untuk kepentingan Penelitian Flora dan Fauna. Dari savana ini kamu akan menjumpai sekumpulan rusa atau kerbau yang sedang berjemur atau mencari makan. Tapi, kamu nggk bisa melihatnya dari dekat. Karena di setiap tempat terdapat batas-batas yang tidak boleh dilalui oleh pengunjung.

 

Zona terakhir adalah pantai Bama, Di kawasan ini kamu akan menjumpai hamparan pantai dan hutan mangrove. But, i'm sorry. we can visit to there.Karena keterbatasan waktu, aku nggak bisa membawa kalian ke tempat ini. Zona terakhir dari Taman Nasional Baluran nggak bisa aku kunjungi 😭 Mengenai keindahan pantai Bama dan hutan mangrove, kalian bisa melihat di wikipedia ataupun google. Yang pasti tempat-tempat di Taman Nasional Baluran ini bagus banget deh, nggak bakal nyesell jalan-jalan di Banyuwangi. Because Banyuwangi its so been so nice 😘


Bye, Sampai Jumpa di perjalan berikutnya yaa

Komentar

Postingan Populer